Toolwiz Time Freeze 2015, Aplikasi Alternatif Dari Deep Freeze

Sewaktu gue masih kuliah dulu, sebuah warnet langganan gue menggunakan sebuah program “system freeze” untuk melindungi komputernya dari orang iseng. Nama program tersebut adalah Deep Freeze. System Freeze sendiri ada sebuah istilah untuk membekukan sistem komputer dengan cara membuat sebuah system images lalu akan mengembalikan sistem ke kondisi semula (saat dibuat system images) ketika komputer di restart.

Teknik ini sering digunakan oleh banyak warnet untuk melindungi komputer mereka dari orang-orang iseng, misalnya menginstal aplikasi, menaruh file bervirus, mengutak-atik konfigurasi sistem, dsb.

Nah, ketika gue membaca salah satu website teknologi kesukaan gue, mereka membahas alternatif dari Deep Freeze, salah satunya adalah Toolwiz Time Freeze 2015. Aplikasi ini mempunyai fungsi yang sama dengan Deep Freeze, namun gratis.

Gue pun segera mencoba untuk mengetes aplikasi ini. Gue membuat virtual system baru dengan OS Windows 7. Ternyata program ini berjalan di virtual system. Sebuah kejutan buat gue.

Saat gue menginstal aplikasi ini, gue menemukan layar seperti dibawah ini:

Toolwiz TIme Freeze Tutorial

Di form ini ada Use disk Caching, dimana aplikasi akan mereserve kapasitas hardisk untuk tempat system images. Saat gue instal nilai defaultnya adalah 5120 Mb (5 gb). Oleh karena ini pastikan bahwa kamu mempunyai space hardisk yang cukup. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah Enable Password Protection. Ini untuk mencegah orang lain mengutak-atik konfigurasi program. Aktifkan fitur ini. Ga lucu juga kan aplikasi ini bisa di utak-atik orang lain?

Setelah di instal, ada layar utama seperti di bawah ini:

Toolwiz TIme Freeze Tutorial

Secara default, konfigurasi sudah bagus. Fitur Enable folder exclusion adalah membuat daftar folder pada drive yang di protect supaya tidak hilang saat komputer di restart.

Segera gue mencoba untuk menginstal aplikasi seperti di bawah ini:

Toolwiz TIme Freeze Tutorial

Before Restart

Lalu gue me-restart komputer dan kemudian mendapatkan bahwa aplikasi sudah hilang dari sistem seperti gambar di bawah ini:

Toolwiz TIme Freeze Tutorial

After Restart

Selain itu, gue juga mencoba menaruh file pada sistem yang di freeze, dan ketika di restar, file tersebut sudah hilang.

Toolwiz TIme Freeze Tutorial

Before

Toolwiz TIme Freeze Tutorial

After Restart

Aplikasi ini cocok untuk melindungi komputer-komputer publik seperti warnet, kiosk, komputer di sekolah, dsb. Satu hal yang diperhatikan adalah, setelah sistem komputer dibekukan, maka aplikasi, file atau konfigurasi sistem akan hilang saat komputer di restart.

Nah, kalau kamu mau mencoba aplikasi ini, kamu bisa mengunduhnya di Toolwize Time Freeze 2015. Di website mereka juga ada tutorial lengkap untuk aplikasi ini kok. So, silakan menjelajah dan mencoba.

4 Comments

  1. Cara melindungi direktori selain sistem (c) gmn caranya? soalnya ada beberapa program yang saya install di direktori selain C. Makasich sebelumnya.

    Reply
    • maaf baru balas. untuk melindungi program selain drive c, kamu bisa aktifkan enable folder exclusion. masukan folder-folder program yang ingin kamu lindungi dengan klik add folder (bisa lihat screenshot ke 2)

      thanks,

      Reply

Leave a Reply