Telepon Tradisional Vs Telepon Internet, Mahalan mana?

Berawal dari keisengan temen gue yang sedang mencoba telepon lewat Whatsapp, gue pun mencoba untuk membuat sebuah riset kecil-kecilan lagi. Kali ini gue mau bikin penelitian tentang, mahalan mana, telepon dengan cara tradisional atau telepon lewat Internet? (atau lebih dikenal dengan istilah VOIP, Voice Over Internet Protocol). Pernah dengar VOIP? kalau belum, ayo kenalan dulu.

VOIP adalah sebuah teknologi dimana kita bisa mengirimkan suara lewat Internet. Teknologi VOIP sudah cukup lama dikembangkan, di Indonesia sendiri pada awal 2000an sudah ada beberapa anak bangsa yang mencoba mengembangkan teknologi ini sebagai alternatif untuk komunikasi suara. Kalau bicara VOIP, mungkin akan banyak orang menyebutkan Skype. Yap, Skype merupakan sebuah perusahaan yang terkenal karena menyediakan layanan VOIP. Kini layanan VOIP sudah berjibun, bahkan aplikasi chat pun sudah memasukan fitur ini ke dalam aplikasi. Continue reading

Internet Di Indonesia Vs Korea Selatan, Mahalan Mana?

Berawal dari sebuah berita di Detik, dimana seorang petinggi salah satu operator seluler berkata, bahwa Internet di Korea Selatan lebih mahal dari Indonesia, gue pun tertarik untuk membuat sedikit riset kecil-tanpa-metodeologi-dan-berbasiskan-mbah-google. Riset yang gue lakukan cukup simple, kalo paket internet “A” di Indonesia itu sekian rupiah, berapakah harga untuk paket yang sama di Korea Selatan. Memang agak bias membandingkan antara paket internet hanya berdasarkan “paket” saja tanpa memikirkan perbedaan teknologi, geografis, de el el. Yah gpp lah, toh ini hanya just for fun aja 🙂

Gue sejatinya sampai saat ini merupakan pengguna Mobile Internet (mahal euy kalau langganan Internet kabel), maka gue mencoba mencari perbandingan mobile Internet antara di Indonesia dan Korea Selatan. Pada awalnya agak susah buat gue untuk menemukan informasi paket Mobile Internet di Korea Selatan, entah karena kata kunci yang gue gunakan salah, atau memang sistem mereka berbeda dengan Indonesia.

Sejauh yang gue dapatkan berdasarkan pencarian gue, Internet Korea Selatan itu udah Broadband dan juga sudah mencapai 5G!. Ajigile, di Indonesia aja 4G baru muncul. Namun akhirnya, gue menemukan sebuah info yang cukup berarti buat gue. Continue reading

Instwogram, Ketika 1 Instagram tidak cukup

Siapa yang disini punya akun instagram? pasti hampir sebagian orang yang mempunyai smartphone sudah memiliki Instagram. Jejaring sosial berbagi foto ini banyak digunakan oleh anak-anak muda untuk upload foto-foto, baik foto selfie, foto hasil SLR atau bahkan foto-foto barang dagangan (yap, Instagram kini digunakan juga untuk berjualan). Hampir seperti akun jejaring sosial lainnya, ada banyak orang yang mempunyai lebih dari 1 akun instagram, mungkin 1 untuk akun “resmi”, lalu 1 lagi untuk share hasil karya, dsb.

Nah, kalau kamu punya lebih 1 akun instagram pasti kerepotan untuk ganti user, karena harus log out lalu log in lagi. CUkup repot bukan? Nah kini ada aplikasi yang membantu kamu yang mempunyai 2 akun Instagram untuk tidak report switch akun. Nama aplikasinya adalah Instwogram.

Instwogram ini sejatinya adalah aplikasi Instagram yang di packing kembali supaya bisa berjalanan di device yang sama. Jadi, Instwogram ini adalah Instagram, hanya saja di edit-edit dikit supaya bisa berjalan bebarengan dengan aplikasi Instagram.

Instwogram dan instagram jalan bebarengan

Instwogram dan instagram jalan bebarengan

Karena Instwogram ini adalah Instagram, maka tampilannya, fitur-fiturnya pasti sama 100%. Bahkan, pembuatnya menambahkan beberapa fitur, antara lain fitur Download, dimana kamu bisa download foto dari Instagram! keren kan?

Kalau kamu mau menyoba aplikasi ini, kamu bisa unduh dari xda-developer, karena aplikasi ini (sepertinya) belum ada di Playstore. Jangan kuatir, aplikasi ini terbilang bersih kok (karena sumbernya dari xda-developer, sebuah forum oprek smartphone yang pastinya menjaga para pengguna smartphone).

Selamat mencoba 🙂

Mencoba Firefox OS dengan Firefox OS Simulator

Pernah denger Firefox OS? Kalau Browser Fireox mungkin kalian sudah tau dari jaman melody JKT48 masih lucuk2nya. Firefox OS merupakan operating system untuk mobile plaform seperti Android, atau bahasa singkatnya OS untuk smartphone lah. Bereda dengan Android yang berbasis pada Linux, Firefox OS berbasis pada HTML5 dan ingin membuktikan bahwa HTML5 bisa digunakan untuk mobile platform. Bingung? ora usa bingung2

Firefox OS ini diciptakan sebagai alternatif dari Android. Beberapa smartphone berbasis Firerox OS sudah masuk ke Indonesia, namun baru sekedar perkenalan aja sepertinya. Nah kalau kalian ingin merasakan seperti apa Firefox OS ini, bisa menyicipi lewat Firefox OS Emulator. Caranya cukup mudah kok, hanya dengan browser Firefox saja. Kok bisa? ya bisalah, karena enginenya masih sama dengan browser Firefox, makanya tidak diperlukan emulator khusus seperti Android.

Pertama-tama, pastikan browser Firefox kamu sudah bersi 34+, kalau belum, update saja dahulu. Pada browser Firefox, klik Open Menu > Developer > Web IDE, maka akan muncul jendela baru dengan judul Firefox WebIDE.

firefox

Pada WebIDE, pilih Select Runtime > Install simulator. Kamu akan menemukan jendela pilihan untuk menguduh Firefox OS versi yang ingin kamu coba. Saat ini, versi stabil adalah versi 2. Kamu bisa pilih versi ini atau bisa juga bereksperimen dengan versi lainnya. Terserah, bebas. Continue reading

Trik untuk berhemat Kuota Internet

Belakangan ini gue baru menyadari, bahwa makin lama tarif Internet wireless berbasis 3G/4G makin lama makin mahal. Jika sebelumnya Bolt mengeluarkan paket internet terbaru yang makin irit kuota, kini Indosat juga mengeluarkan paket Internet “yang memotong kuota” dari paket yang lama. Buat gue, ini menjadi sebuah masalah karena gue suka browsing cari-cari artikel atau info di internet, dan karena kuota makin sedikit, mau ga mau gue harus berhemat ria.

Gue awalnya mengatasi hal ini dengan browsing menggunakan Opera Mini atau Chrome for Andorid dengan option bandwidth saving di aktifkan. Namun kenyamanan browsing pada Laptop tidak bisa dibandingi oleh kenyamanan browsing dengan smartphone. Gue pun berpikir, gimana kalau suasana browser smartphone dibawa ke Laptop?

Pada saat ini, sebagian besar website sudah menganut konsep dual layout, satu tampilan untuk desktop, satu tampilan lainnya untuk smartphone. Biasanya untuk smartphone akan dialihkan ke tampilan mobile version dari sebuah web. Nah, bagaimana kalau kita berselancar dengan browser Desktop, namun dengan rasa layout mobile? inilah trik yang gue lakukan. Continue reading