Harga Ideal Makan Siang di Jakarta

10518162_322207537959645_375476568_n

Berawal dari sebuah keisengan gue mencari harga makan siang murah di Tokyo, dimana gue menemukan sebuah website yang berisi list data makan siang di berbagai negara, gue jadi kepikiran, berapakah harga makan siang ideal di Jakarta. Jangan tanya kenapa gue bisa mencari harga makan siang murah di Tokyo, karena gue sendiri tidak tau jawabannya.

So, gue pun mencoba membuat polling kecil-kecilan di facebook dengan pertanyaan, “berapakah harga makan siang ideal kalian?”. Ada beberapa yang menjawab, mulai dari 6000 – 50,000 rupiah.

Setelah mendapatkan beberapa jawaban dari beberapa teman, gue pun menghitung perkiraan harga menggunakan fitur AVERAGE dan MEDIAN di Excel. Berdasarkan perhitungan data yang ada, harga makan siang ideal di Jakarta adalah 15,000-20,000 rupiah.

Setelah mendapatkan harga makan siang ideal, maka selanjutnya adalah, dengan uang 15,000 hingga 20,000 rupiah, makan siang apakah yang bisa kita dapatkan? ada beberapa analisa gue.

Jika memilih makan di Warteg, maka dengan harga ideal, kita bisa dapat nasi + lauk utama (ikan/daging ayam) + lauk tambahan (tempe/tahu/gorengan) + sayur + Es teh manis.

Jika di warung padang, kita bisa mendapatkan nasi + lauk (ikan/daging/telor) + sayur. Jika agak murah bisa mendapatkan es teh manis. Jika memilih jajanan, maka bisa dapat Bakso, Mie ayam, Gado-gado, dsb.

Harga makan ideal ini tentu tidak berlaku kalau kamu makan di restoran, convenience store (7 Eleven / Family Mart) atau bahkan di Hotel.

Pertanyaan selanjutnya, apakah dengan harga makan siang ideal ini sudah memadai untuk ukuran makan siang? jawabannya adalah sudah memadai. Bahkan dengan 20,000 rupiah kamu bisa makan nambah porsi (di warteg-warteg tertentu di sekitar anda,syarat dan ketentuan berlaku).

Pertanyaan paling dasar adalah, apa untungnya dengan harga makan siang ideal yang gue buat ini? gue punya beberapa alasan.

Alasan pertama adalah, harga makan siang ideal ini bisa kamu jadikan patokan untuk kamu yang mungkin baru bekerja / kuliah di Jakarta dan selama ini tinggal di daerah non Jakarta. Seperti yang diketahui, daerah non kota besar biasanya harga makanan lebih murah.

Alasan kedua adalah, harga ideal ini bisa kamu jadikan salah satu komponen untuk menentukan gaji (ketika melamar di pekerjaan). Misal, kamu ambil perkiraan 15,000 per hari, maka kamu butuh 330,000 rupiah (22 hari kerja) untuk makan siang.

Tentu saja data ini tidak 100% akurat karena yang jawab dikit dan tidak mensurvei para Bos. Tapi secara umum untuk karyawan biasa, dijamin sudah mewakili (jika data tidak sah, maka dijamin uang kembali).

Jadi? selamat makan.

Leave a Reply