Festival Ennichisai 2016

Akhirnya, festival kebudayaan Jepang yang gue tunggu-tunggu hadir juga. Ini merupakan ketiga kalinya gue dateng ke festival ini. Salah satu alasan gue menunggu Ennichisai 2016 adalah idol yang akan tampil, gue berharap idol group yang hadir sebanyak tahun lalu. Namun ternyata, grup idol yang hadir tidak banyak, hanya ada Love Android, Faint Star dan satu grup idol pria (maaf, gue lupa namanya).

Gue dateng pada hari sabtu dan minggu, meskipun sebentar karena ada kerjaan di saat yang bersamaan. Namun gue cukup menikmati festival ini. Jika tahun lalu gue sibuk moto-moto, maka tahun ini gue berencana pengen menikmati festival ini tanpa moto-moto. Namun insting jepret gue tidak bisa dipendam, akhirnya moto-moto juga meskipun hanya moto Love Android, bahkan gue sampe tusut (two shoot) sama member Love Android, hehehe. Member Love Android lucuk-lucuk dan dedekable.

lova android

lova android

lova android

lova android

Satu hal yang gue tanamkan dalam pikiran gue untuk festival ini, gue harus mencicipi makanan yang ada di sini. Ada buanyyaak makanan Jepang yang ditawarkan, namun, berhubung isi dompet tidak memungkinkan, gue hanya memakan beberapa makanan seperti ramen dan okonomiyaki (ini juga karena ada diskon). Selain itu, berburu barang diskonan (kebanyakan minuman sih kayak teh kotak, green sands, dsb). Terbesit pengen beli action figure, namun bingung mo beli action figure apaan.

Satu hal yang unik gue temukan disini adanya booth permainan yang berhadiah apparel Hanshin Tigers. Hanshin Tiger ini adalah klub baseball yang populer di Jepang, dan si dedek-super-lucuk Chihi merupakan salah satu ambasador Tora Hanshin Tigers. Gue kurang ngerti Tora Hanshin Tigers itu apa sih. Pengen ikutan main, tapi malu-malu kucing, mau beli kaosnya, isi kantong tidak mencukupi (malangnya nasib kuh). Yasudah akhirnya foto boothnya saja dan laporan ke oshi tercinta.

hanshin tigers booth

Gue juga menikmati hiburan di panggung utama, dimana ada performance dari Hiroaki Kato, Bonten (tim Taiko dari Jepang) dan tentunya parade Dashi & Omikoshi. Oya, satu hal yang gue heran, setiap ada parade ini di sore hari, pasti turun hujan (setidaknya beberapa kali gue nonton parade ini di Ennichisai).

ennichisai 2016

ennichisai 2016

ennichisai 2016

ennichisai 2016

Ennichisai tahun 2016 ini sepertinya semakin ramai saja loh. Bahkan sewaktu di panggung utama, gue denger MC ngomong kalo Ennichisai ini adalah Festival Jepang terbesar di dunia di luar Jepang. Wow.

Gue berharap next Ennichisai gue bisa pantengin acara ini non-stop tanpa halangan. Gue juga berharap kalo festival ini makin gede, semakin banyak tempatnya, dan tentu saja, semakin banyak dedek2lucuk yang dihadirkan di acara ini, hehehe. See ya next Ennichisai.

Game Android: Transport Empire

Transport Empire

Kali ini gue mau membahas game Android berjudul Transport Empire. Sekilas, ketika gue melihat game ini di Playstore, gue ingat akan sebuah game berjudul Railroad Tycoon, sebuah game simulasi perdagangan yang berbasis transportasi kereta api. Transport Empire juga demikian.

Transport Empire adalah game simulasi dimana kita akan bermain sebagai wanita muda yang ingin membuka usaha transportasi berbasis kereta api. Game ini mengambil gaya abad 18-an dimana waktu itu kereta api merupakan moda transportasi utama dan bisnis yang menggiurkan.

Transport Empire

Gameplay game ini cukup simpel. Kamu akan mengantarkan barang hasil tambang, beli & upgrade kereta, bangun & upgrade kota, membuat jalur rel kereta, membuat kontrak pengantaran barang dengan penjual-penjual, dsb. Cukup simpel namun bisa membuat ketagihan.

Screenshot_2016-05-10-23-35-38

Misi dalam game ini juga beragam, dan setiap satu misi selesai, akan ada misi lainnya. Untuk bisa menghantarkan barang, perlu memperhatikan resource yang ada. Jika ingin mengantarkan batubara, membutuhkan uang, mengantarkan batu membutuhkan batubara dan uang, dsb. Ini akan membuat kamu cukup sibuk mengecek resource yang kamu punyai.

Transport Empire Transport Empire

Dalam Transport Empire, kereta api memang moda kendaraan utama, namun selain kereta api, ada juga kapal uap dan kapal terbang. Moda transportasi itu akan muncul sesuai level kamu. Kamu juga bisa ekspansi bisnis kamu dengan membuat tambang baru, membuat jalan ke kota lain, dsb.

Screenshot_2016-05-10-23-35-57

Grafik game ini bagus dengan gaya abad 18-annya. Game ini tidak terlalu berat di device yang gue gunakan untuk menjalankan game ini.  Satu hal yang cukup mengembirakan bahwa game ini bisa dijalankan di emulator Android seperti Memu atau Nox Player.

Transport Empire tersedia di Google Playstore dengan gratis (dan tentu saja ada in-game purchase :D). Segera unduh dan mainkan game ini.

 

Borong Game Star Wars di Steam

Beberapa hari ini gue memborong game Star Wars dari Steam. Ga banyak sih, cuman 2, tapi biar heboh aja, hehehe. Berawal dari email Steam yang memberitahu bahwa game yang masuk salah satu wishlist gue ada promo, gue segera meluncur ke web Steam dan menemukan bahwa Steam lagi obral game-game Star Wars. Ternyata oh ternyata dikarenakan adanya hari Star Wars. Gue bukan penggemar berat Star Wars, tetapi gue pernah memainkan beberapa game Star Wars.

Ada 2 game yang gue beli, pertama adalah Star Wars: Knight of The Old Republic atau disingkat K.O.T.O.R. Game Star Wars ini salah satu game yang melegenda loh. Gue dulu pernah mainin game ini sekitar tahun 2004an, dan akhirnya memainkan lagi game ini di tahun 2016. Game K.O.T.O.R ini diobral hanya 22ribu saja!. Gue langsung ngacir ke indomaret terdekat dan beli Steam voucher.

Star Wars Knight of the Old Republic

Continue reading

Kuis Camer, Game Penguji Pengetahuan Umum Kamu

kuis camer

sudah lebih dua bulan tidak mengisi blog ini, sekarang waktunya bersih-bersih, hehe. Kali ini gue mau mempromosikan sebuah game kecil buatan gue, namanya Kuis Camer. Game ini gue buat untuk Android dan udah ada di playstore loh! hehehe.

Penjelasan resmi Kuis Camer bisa dilihat di official pagenya. Disini gue ingin berbicara tentang proses pembuatannya. Ide Kuis Camer ini pertama kali muncul ketika gue lagi mikirin gimana caranya bisa nyampe ke Jepang buat saliman sama dedeklucuk chihi melihat game android gue yang pertama yang dulu gue buat untuk dukung salah satu member JKT48 dalam pemilihan sousenkyo (ini beneran loh).

Merasa kangen coding, gue pun memutuskan untuk membuat game kecil bertema kuis pengetahuan umum. Dahulu, game pertama gue (namanya Pinky Challenge) gue buat menggunakan HMTL5 + Javascript dan gue buat dengan bantuan Android Studio. Salah satu kelemahan Android Studio menurut gue adalah beraaatttttt di laptop gue yang mungil ini. Continue reading