Buat Flash Disk Kamu Kebal Virus

Kalau kamu seorang Flash Disk Warrior alias sangat bergantung kepada flah disk pasti pernah merasa was-was jika flash disk kamu terkena virus komputer. Entah ketika ingin mencetak dokumen, salin data, dsb. Nah berikut ada trik mudah untuk membuat flash disk kamu kebal terhadap virus komputer.

Caranya adalah dengan mengnonaktifkan akses tulis (write) ke flash disk. Jadi ketika kamu mencolok flash disk kamu ke sebuah komputer yang ternyata ada virusnya, maka virus tersebut tidak bisa menulis sesuatu ke flash disk kamu.

Sebelum memulai langkah-langkahnya, pastikan dahulu flash disk kamu bebas virus, dan pastikan juga komputer yang kamu gunakan untuk melakukan trik ini bebas virus. Kamu juga harus punya akses admin untuk bisa melakukan trik berikut. Continue reading

Review: MicroSD Strontium 32GB

Kali ini gue mau menulis review singkat sebuah microSD dari Strontium. Kalau kamu baru pertama kali mendengar merek ini, maka gue pun juga begitu. Strontium berasal dari Singapura. Kebetulan salah satu situs jual online menjual microSD ini dengan harga yang cukup menggiurkan, ditambah ada bonusnya.

MicroSD yang gue tes adalah Strontium 32GB Nitro dengan embel-embel upto 70MB/S. Speed yang menggiurkan meskipun ada embel-embel upto. Gue melakukan pengetesan read & write menggunakan aplikasi Check Flash. Gue melakukan tes dengan MicroSD tertanam di adapter USB bawaan dan dicolok ke port USB 2.0 PC. Hasilnya seperti berikut:

hasil tes microsd strontium

Hasil tes microSD ini menunjukkan untuk read speed 21.55MB/s dan write speed 15.92 MB/s. Cukup menjanjikan. Gue pun mencoba untuk melakukan tes copy file sebesar 975 MB menggunakan tera copy. Hasilnya seperti berikut:

hasil tes microsd strontium

Hasil tes copy file menunjukkan bahwa proses berlangsung selama 55 detik dengan speed 17MB/s. Buat gue ini sudah cepat untuk melakukan copy-paste file.

Alasan utama gue membeli microSD ini adalah bonus bawaan yang diberikan. Pake microSD yang gue beli menyertakan SD adapter dan USB adapter. Dengan USB adapter, microSD ini bisa berfungsi sebagai Flash Drive. Bisa diandalkan jika sewaktu-waktu gue ingin transfer data dari device yang tidak ada slot SD cardnya.

paket penjualan

paket penjualan

Satu hal yang belum gue ketahui adalah ketahanan MicroSD ini, apakah bisa diandalkan untuk bertahan lama hingga bertahun-tahun?.

MicroCD Strontium 32GB ini menurut gue sudah layak untuk digunakan di tablet atau smartphone kamu. Harga dan bonus yang ditawarkan juga bisa membuat kamu membeli microSD ini.

Permudah Hidup dengan Mesin Pernerjemah Bahasa

Sebuah judul yang cukup bombatis yak? gapapalah sapa tau bisa menambah jumlah pageview blog, hehehe. Gue mo cerita tentang kemudahaan yang gue dapat dengan memanfaatkan mesin penerjemah online. Sudah menjadi rahasia umum kalo gue ini ngefans sama dedeklucuk kawakami chihiro. Seperti orang Jepang umumnya, chihi kalau ngetwit atau nulis blog pasti menggunakan bahasa Jepang. Nah, penerjemah online sangat membantu gue.

Mesin penerjemah online macam Google Translate atau Bing Translator udah canggih sekarang. Meskipun hasilnya belum 100% bagus, namun cukup (atau bahkan sangat) membantu gue. Dengan bantuan penerjemah online gue bisa mengerti bahasa asing meskipun gue ga bisa bahasa tersebut. Contoh kasus gue, gue bisa paham akan tulisan chihi di twitter or blognya.

Untuk menerjemahkan bahasa Jepang, gue menggunakan 3 translator dan 1 kamus. Translatornya adalah Google Translate, Bing Translator dan WWWJDIC. Untuk kamus gue menggunakan Jisho.org. Gue membagi proses penerjemahan menjadi 2 tahap. Continue reading