The Day After Stop Using Sosial Media

Gue adalah seorang sosial media junkie. Gue punya beberapa akun social media terkenal mulai dari Friendster, Facebook, Twitter, Instagram, Path, Pinterest hingga kurang terkenal seperti Google+, Beebo, Hi5, Fupei (sosmed lokal tapi sudah tidak aktif) dan beberapa sosmed lainnya.

Alasan gue ikut banyak sosmed adalah karena gue pengen eksis di dunia maya dan sekaligus mencari pertemanan. Gue masih inget sensasi tau Friendster gebetan dan meinggalkan pesan di page gebetan (pake gliter-gliter juga loh), kenalan hingga punya beberapa gebetan di Facebook dsb. Jaman sebelum 2012 itu gue merasa nyaman pake sosial media.

Namun kesenangan menggunakan sosmed mulai terganggu di tahun 2012 di saat pilkada DKI. Beberapa pengguna sosial media mulai menggunakan sosial media untuk kampanye hitam. Hal ini ditambah dengan pilpres 2014 dan pilkada 2017 DKI. Dunia sosial media pun berubah. Banyak postingan Hoax, debat kusir hingga kawan jadi lawan. Awalnya gue berusaha menghindar namun akhirnya tidak tahan. Continue reading