Unduh Video Dari Youtube, Dailymotion dan Vimeo Menggunakan Youtube-DLG

Kamu suka mengunduh video dari Youtube, Dailymotion atau situs video hosting? Gue suka. Gue suka mengunduh video dokumenter, Music Video dsb untuk ditonton offline. Biasanya sih gue menggunakan web-based downloader karena mudah, namun kelemahannya bisanya hanya mendukung satu layanan video hosting saja (terkecuali keepvid). Untuk bisa mengunduh video dari banyak situs, kebanyakan harus menggunakan aplikasi.

Aplikasi unduh video biasanya berbayar atau kalaupun gratis kadang membawa ‘adware’. Nah gue menemukan aplikasi yang open source bernama Youtube-DLG. Youtube-DLG sebenarnya adalah sebuah GUI untuk aplikasi bernama youtube-DL.

Youtube-DL sendiri adalah aplikasi yang bisa mengunduh berbagai video dari situs video hosting, seperti Youtube, Dailymotion, Vimeo, dsb. Youtube-DL bisa menggunduh video dari berbagai macam situs video hosting, mengubah format video hasil unduhan, dan juga bisa mengubah video menjadi audio saja.

Tampilan Youtube-DLG

Awalnya gue agak ragu menggunakan youtube-DL dikarenakan aplikasi ini membutuhkan aplikasi lain seperti Python, FFMPEG untuk bisa bekerja. Ribet untuk kalangan awam. Namun ketika gue menggunakan Youtube-DLG, keribetan yang gue sangka tidak terjadi. Saat pertama kali menjalankan Youtube-DLG, aplikasi akan mengunduh versi terbaru youtube-DL.

Untuk menggunakan Youtube-DLG tidak terlalu ribet. Kamu cukup memasukan link video yang ingin kamu unduh lalu klik Download. Kamu tinggal menunggu hingga aplikasi selesai mengunduh. Youtube-DLG mendukung pengunduhan banyak link, jadi kamu bisa melakukan batch-download.

Batch download

Secara default, resolusi video yang di unduh adalah resolusi video terbesar (berdasarkan hasil percobaan gue). Namun kalo kamu misal mau mengunduh video yang resolusi kecil, kamu bisa mengatur setingan video dari Options.

Kalau kamu tertarik menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menggunduh dari situs Youtube-DLG. Gue pribadi menggunakan versi portable.

Selamat mencoba.

xTranslate, Menerjemahkan Bahasa Menggunakan 3 Mesin Penerjemah Sekaligus

Gue punya satu akun Twitter anonim yang khusus untuk mengikuti idol-idol Jepang. Untuk mengerti tweet mereka yang 100% bahasa jepang, gue biasanya menggunakan Google Translate. Namun gue suka kepikiran untuk mengetahui terjemahan dari mesin penerjemah lain semisal Bing Translator atau Yandex Translator.

Untuk memuaskan rasa penasaran gue, biasanya gue membuka 3 website tersebut dan menerjemahin satu-persatu. Ribet. Untung gue ketemu satu Chrome Extension bernama XTranslate. xTranslate mendukung 3 mesin penerjemah populer, Google Translate, Bing Translator dan Yandex Translator.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Kamu tinggal select text yang ingin di terjemahkan, dan secara otomatis akan muncul pop-up hasil terjemahan. Secara default, xTranslate menggunakan Google Translate. Untuk berpindah ke mesin pencarian lain cukup gampang, tinggal klik tombol panah yang ada di pop-up.

Berikut contoh hasil terjemahan xTranslate:

Google Translate

Google Translate

Yandex Translator

Bing Translator

xTranslate bisa kamu dapatkan di Chrome Web Store atau bisa klik klink berikut: xTranslate. Saat ini xTranslate hanya tersedia untuk Google Chrome (atau browser yang menggunakan chromium engine) saja. Untuk Firefox belum tersedia.

update:

xTranslate ternyata trialware. Kalau kamu mau tetap make gratisan, maka harus rela ada ads yang muncul.