Membuat Foto Hitam Putih yang Menawan

Foto hitam putih terkadang bisa membuat sebuah foto menjadi terlihat lebih bagus, klasik dan menarik. Pada kamera digital, foto hitam putih yang dihasilkan tidaklah sepenuhnya hitam putih, lebih tepatnya grayscale. Ada banyak tips untuk menghasilkan foto hitam putih, Mulai dari teknik fisik hingga menggunakan teknik manipulasi foto.

Gue mau memberikan teknik manipulasi digital yang suka gue gunakan untuk membuat foto berwarna menjadi hitam putih. Oke, mungkin judul tips ini agak lebay, tapi gpp lah :p.

1. Pertama buka foto yang ingin dibuat menjadi hitam putih, jika foto kamu sudah hitam putih, maka bisa lanjut ke step 3.

2. Klik Image > Adjustment > Vibrance. Pada kolom saturation, geser slider ke kiri hingga mencapai -100. Lalu geser slider Vibrance ke kanan hingga mencapai 100 (atau bisa disesuaikan dengan selera pribadi)

3. Duplikasi layer foto dengan menekan CTRL + J. Pada jendela layer, pilih layer hasil duplikasi.

4. Pilih Filter > Sharpen > Unsharpe Mask, maka akan muncul jendela Unsharp Mask. Pada Amount, masukan 50%, Radius 16.0 dan thresold 0 (bisa disesuaikan dengan selera pribadi, silakan berexperimen).

5. Masih pada layer hasil duplikasi, pada jendela layer, ganti Layer blending dari Normal menjadi Overlay. Lalu pada kolom Opacity ubahlah dari 100% menjadi 70% (bisa juga bereksperimen dengan kolom ini)

Foto hitam putih pun sudah terpampang di layar monitor kamu :).

Leave a Reply