[Tutorial] Mengelola Foto Under Exposure menjadi Normal Exposure

Kali ini gw pengen sharing sebuah tutorial tentang Mengelola Foto Under Exposure + ISO tinggi menjadi Normal Exposure. Tutorial ini menggunakan Adobe Photoshop Lightroom
1. Contoh foto under exposure:


2. Foto yang telah dinaikan exposurenya +2.4 (menggunakan auto tone)

Ok, sekarang foto sudah terlihat terang (normal exposure). namun jangan senang dulu. Sebuah foto dengan ISO tinggi akan menghasilkan noise yang sangat banyak. Oleh karena itu kita harus mengurangi noise tersebut. Caranya adalah: Pilih menu Develop, lalu cari Menu Detail (biasanya terletak disebelah kanan aplikasi) dan cari fitur Noise Reduction. 
Hal yang pertama kali diperhatikan adalah jika file iso tinggi dan under bisa menghasilkan ‘pixel alien’ yang biasanya berwarna merah, biru atau hijau dan terlihat terang. Pixel Alien ini terlihat jika foto kita zoom 100% atau lebih.
Contoh ‘pixel alien’ dilingkari merah:

Untuk menghilangkan ‘pixel’ alien’ ini, kita bisa menggunakan fitur Color pada Noise Reduction. Naikkan nilai color hingga 100 dan akan terlihat bahwa ‘pixel alien’ menghilang/tersamarkan.

Jika sudah menghilangkan ‘pixel alien’, maka kini saatnya mengurangi Noise. Untuk hal ini kita gunakan fitur Luminance. Naikkan nilai Luminance hingga 50-70 dan naikkan nilai Detail antara 30-50. Anda bisa bereksperimen dengan fitur ini. 
Sekedar tips, jangan menggunakan nilai Luminance hingga 90-100 karena foto memang akan terlihat ‘bebas noise’ tapi foto juga terlihat ‘licin’ sehingga kurang natural.

Dan ini hasil foto yang telah ‘dinormalkan’ Exposurenya:

Nah ini sedikit tips yang mungkin bisa berguna. salam

1 Comment on "[Tutorial] Mengelola Foto Under Exposure menjadi Normal Exposure"

Leave a Reply