January 2016

Seperti yang sudah gue tulis di beberapa post sebelumnya tentang kegiatan gue belajar bahasa Jepang, maka gue akan mencoba membuat postingan tentang belajar bahasa Jepang.

Salah satu langkah awal untuk belajar bahasa asing adalah menguasai huruf yang digunakan. Bahasa Jepang mengenal 3 huruf, Hiragana, Katakana dan Kanji. Dalam ketiga bahasa tersebut, huruf kanji merupakan yang tersusah untuk dipelajari, namun dipakai di kehidupan sehari-hari. Namun kamu jangan kuatir, ada banyak orang Jepang yang tidak mengerti kanji. Mereka menggunakan hiragana sebagai pengganti.

Huruf hiragana adalah huruf yang sebaiknya dipelajari pertama kali. Katakana digunakan untuk kata-kata serapan bahasa asing. Romaji (romanji) adalah penulisan huruf jepang dalam huruf latin. misal: さ (hiragana) = sa (romaji).

10518162_322207537959645_375476568_n

Berawal dari sebuah keisengan gue mencari harga makan siang murah di Tokyo, dimana gue menemukan sebuah website yang berisi list data makan siang di berbagai negara, gue jadi kepikiran, berapakah harga makan siang ideal di Jakarta. Jangan tanya kenapa gue bisa mencari harga makan siang murah di Tokyo, karena gue sendiri tidak tau jawabannya.

So, gue pun mencoba membuat polling kecil-kecilan di facebook dengan pertanyaan, “berapakah harga makan siang ideal kalian?”. Ada beberapa yang menjawab, mulai dari 6000 – 50,000 rupiah.

Setelah mendapatkan beberapa jawaban dari beberapa teman, gue pun menghitung perkiraan harga menggunakan fitur AVERAGE dan MEDIAN di Excel. Berdasarkan perhitungan data yang ada, harga makan siang ideal di Jakarta adalah 15,000-20,000 rupiah.

Setelah mendapatkan harga makan siang ideal, maka selanjutnya adalah, dengan uang 15,000 hingga 20,000 rupiah, makan siang apakah yang bisa kita dapatkan? ada beberapa analisa gue.