March 2013

Beberapa minggu ini gue cukup kesel kalo menunggu komputer selesai start-up. Bootingnya sih cepet, tapi pas udah masuk ke Windowsnya baru kerasa lama. Cukup menjengkelkan, karna jadi kayak kompi tahun 1990an, dimana ketika nyalain komputer, gw masih bisa seduh teh dan mie instant dulu :D. Lebih parahnya lagi, udah lama, ga responsif lagi.

Pertama kali dibenak gw adalah pasti item-item di yang di-load pada start-up banyak, ternyata engga juga. Hanya ada 3-4 item. Gue akhirnya melakukan prosedur bersih-bersih komputer dan ternyata, masih tetep itu ‘penyakit’ ada. Akhirnya gw coba cek Task Manager ketika kompi baru start-up dan ternyata mengejutkan. Antivirus yang gw pake memakan memori hingga 200mb dan CPU usage mencapai 50%. Pantes!!

Ternyata si Antivirus sedang melakukan update, dan proses updatenya itu menyebalkan. Masa file setup ikut-ikutan running? hadehh, seharusnya yang running itu cuman aplikasi updatenya aja. Tampaknya beberapa aplikasi Antivirus menyertakan aplikasi updatenya langsung ke file setup. Entahlah. Tapi yang pasti menyebalkan..
Akhirnya gue rubah aja setingannya updatenya. Gue ubah dari Automatic menjadi ‘Ask when an update is avaliable‘. Setelah gw ganti, kompi gue sekarang lebih cepat start-up Windowsnya. hampir beda 2 menit! Ajigile.
Nah, buat kalian yang juga mengalami hal (start-up Windows lama), coba aja cek antivirus kalian. Ubah aja pilihan updatenya. Kalo ga ada pilihan ‘Ask bla bla bla’ pilih aja ‘manual update‘. Beresiko? Engga juga. Antivirus sekarang sudah sangat bawel kalo antivirus kita ga up-to-date, jadi kamu bakal dikasih tau sama si antivirus kalo kamu diharuskan update. Annoying? tergantung sih. Tapi ini lebih baik dibanding harus menunggu start-up lama.

Hari ini hasil iseng-iseng gw di google adalah sebuah ebook berjudul The United States and Vietnam 1787-1941.
Buku yang ditulis oleh Robert Hopkins Miller ini bercerita tentang sejarah hubungan Amerika Serikat dengan Vietnam mulai dari tahun 1787. Mulai dari keinginan Thomas Jefferson yang berkeinginan untuk mendapatkan benih padi dari vietnam hingga kebijakan ekspansi jepang di awal 1941-an
buat yang suka baca buku sejarah, bisa unduh ebook ini di sini