Twiiter For Android Vs Twitter For Windows Mobile

Kalau kalian berpikir bahwa gue kurang kerjaan, mungkin setengahnya benar, setengahnya engga. Sudah lama gue twitteran dengan 2 gadget yang berbeda OSnya, satu menggunakan Windows Phone 8.1, satu lagi menggunakan Android (saat ini sudah gue update menjadi Android Kit-Kat). Meskipun berbeda OS, namun aplikasi yang gue gunakan sama, Official Twitter App (kurang kerjaan emang).

Setelah lama gue menggunakan aplikasi Twitter di kedua gadget berbeda OS ini, ternyata ada perbedaan, yang menurut gue, cukup menarik untuk dibahas. Oleh karena itu gue mencoba untuk membahasnya, tentu saja sebatas sepengetahuan gue saja. Lets cekidot..

1. Loading Images

Satu hal yang cukup berbeda antara Twitter for Android dengan Twitter for Windows Phone adalah cara mereka menampilkan gambar di timeline. Twitter Andro menampilkan tnumbnail gambar, sedangkan Twitter WinPo (Windows Phone) hanya menampilkan Link. Kamu harus sentuh tweet terdahulu baru akan membuka gambar tersebut. Nah masing-masing fitur ini menurut gue ada kelebihan dan kekurangannya. Twitter Andro, memudahkan kita untuk melihat gambar. Ga enaknya, jika salah satu teman maya kamu share foto yang kurang “sopan” dan kebetulan kamu lagi buka Twitter di tempat ramai (atau bahkan saat berduaan dengan pacar), maka kamu akan merasa risih.

twitter andro 2
Twitter for Android

Twitter WinPo berbeda lagi. Jika ada tweet (mengandung) sebuah gambar, maka yang ditampilkan hanya linknya (dan tweet kata2 jika ada). Kekurangannya, tentu saja kita harus melakukan satu langkah ekstra jika ingin melihat gambar tersebut. Kelebihannya? tentu saja menjadikan timeline kamu aman. Kamu bisa aja skip tweet tersebut tanpa harus melihat isinya terlebih dahulu.

twitter winmo 1
Twitter for Windows Phone

Untuk poin ini, gue beri 1 untuk Twitter Andro dan 1 untuk Twitter WinMo

2. Fitur Translate

Twitter WinPo mempunyai fitur translate tweet. Jadi kalau kamu mendapatkan tweet berbahasa asing, maka kamu cukup pilih tweet tersebut, maka aplikasi akan membuka detail tweet yang kamu pilih. Pada bagian bawah, akan ada terjemahannya. Fitur ini tentu saja berguna buat kamu yang mungkin follow orang2 asing (default terjemahannya adalah bahasa inggris). Twitter Andro yang gue punya, tidak ada fitur ini. Cukup disayangkan.

twitter winmo 3
Twitter for Windows Phone
Twitter for Android
Twitter for Android

Untuk poin ini, gue beri 1 untuk Twitter Windows Phone.

update: ternyata kini Twitter for Android juga sudah mempunyai fitur ini, jadi untuk poin seimbang, 1 untuk Twitter for Windows Phone, 1 untuk Twitter for Android.

3. Pin to Tile

Oke, mungkin fitur ini tidak berimbang jika dibandingkan, karena memang antara Windows Phone dan Android berbeda prinsip tentang home screen. Namun fitur Pin to Tile bawaan Twitter WinPo ini berguna banget buat kamu yang punya akun twitter favorit. Kamu tinggal pin akun tersebut ke home screen, dan selanjutnya, kalau kamu hanya ingin melihat twitter akun tersebut, kamu cukup memilih icon akun tersebut di Home Screen dan selanjutnya, selamat menstalker akun tersebut, hehehe.

Twitter for Windows Phone

 

Twitter Andro ga kalah kok, Twitter Andro ada versi widget. Fitur ini membuat kamu ga perlu masuk ke aplikasi untuk melihat tweet terkini, cukup dari home screen kamu. Namun widget akan membuat baterai kamu cepat boros :(.

Sebenarnya, Twitter mempunyai fitur list, dimana kamu bisa membuat daftar akun favorit kamu. Namun, list pada Twitter WinPo bisa di pin ke home screen, membuat lebih mudah untuk di akses.

Untuk fitur ini, gue memberikan 1 untuk Twitter WinPo .

Nah demikian lah hasil pengamatan secuil gue tentang aplikasi sama namun berbeda OS ini. Hasil penilaian gue adalah, Twitter for Windows Phone lebih bagus daripada Twitter for Android. Semoga bisa menjadi masukan yang berguna buat kalian yang baca, hehehe.

One thought to “Twiiter For Android Vs Twitter For Windows Mobile”

Leave a Reply