August 2013

Post thumbnail
Jika kamu ingin membeli sebuah kamera DSLR bekas, pasti salah satu hal yang pertama ingin kamu tahu adalah berapa shutter count kamera dslr tersebut. Hal ini juga terjadi ketika gue ingin menjual Kamera Canon 40d gue, yang ditanya oleh calon pembeli adalah berapa shutter countnya?.
Pertanyaan klasik tapi abadi seperti ‘bagaimana caranya cek shutter count’ sering wara-wiri di forum-forum fotografi. Gue sendiri biasanya menjawab dengan pake aja sopwer EOSInfo. Namun ternyata sopwer tersebut tidak bisa mendeteksi semua kamera Canon, terutama kamera dslr keluaran terbaru.

Nah,ketika gue mencoba iseng-iseng mencari alternatif dari EOSInfo, gue mendapatkan sopwer bernama EOSMSG. Sopwer ini bisa digunakan untuk mengecek shutter count kamera dslr Canon.

EOSMSG bisa digunakan untuk mengecek shutter count mulai dari kamera Canon 1000d hingga Canon 6d yang terbaru. Namun sepertinya EOSMSG tidak mendukung kamera dslr Canon lawas seperti Canon 400d, Canon 300d, dsb. Namun hal ini mungkin bisa diatasi dengan menggunakan EOSInfo.
Cara menggunakannya juga cukup mudah, kamu tinggal jalankan saja EOSMSG, lalu koneksikan kamera kamu ke komputer. EOSMSG akan mendeteksi kamera kamu dan menampilkan hasilnya (seperti contoh dibawah).

Untuk mendonlot sopwer ini, klik EOSMSG. Nah, selamat mengecek shutter count kamera dslr kamu.

Post thumbnail
Terinsipirasi dari salah satu trit FJB Kaskus dimana ada seseorang yang jualan Headphone KW super, gue jadi tergelitik untuk mengetahui, baguskah Headphone KW? Selama ini di benak gue kualitas headphone KW tidaklah bagus, karena gue pernah beberapa kali beli headphone/earphone KW hasilnya biasa aja. Setelah membaca trit jualan di kaskus yang dimana penjualnya bilang, headphone KW super, gue pun tertarik untuk mengetahui headphone KW super.

Akhirnya gue mencari headphone “KW super” di daerah pertokoan komputer di kelapa dua, Depok. Setelah mengetes beberapa headphone, gue ketemu sebuah merk, BOST. Familiar dengan nama ini? Headphone BOST ini merupakan headphone KW super dari BOSE, namun namanya diubah sedikit (walaupun logonya juga ngikutin BOSE). Headphone dengan embel-embel Extreme Bass ini akhirnya gue coba.

(image credit)

Gue terkejut ketika mencoba headphone BOST ini. Hasil outputnya bener-bener mantap!. Kualitas Bass yang empuk, renyah tapi besar, treble yang bagus, suara yang tidak drop, juga luasnya frekuensi suara yang disupport membuat gue langsung membeli headphone ini. Output suaranya juga besar, cukup dengan volume musik/suara yang kecil, headphone ini bisa memuaskan telinga kamu (kalau kuping kamu sama kayak gue, penikmat musik biasa).

Kalo kalian mungkin pernah mencoba earphone sennheiser (semacam MX 170), nah headphone BOST ini bisa dibilang lebih bagus lagi, bahkan bisa gue bilang 3 kali lebih bagus dari sonicgear iplug 1 yang pernah gue beli dan review di blog ini (walaupun kurang adil membandingkan earphone dengan headphone, namun bisalah dikira2 hasilnya).

Headpone BOST ini bisa gue bilang headphone terbaik yang pernah gue beli (karena gue juga ga bisa beli headphone yang mahalan :D). Bukan itu aja, dari beberapa orang yang mencoba headphone ini, mereka langsung tertarik ingin membeli. Harganya yang murah (ga sampe 80ribu), kualitas yang T.O.P membuat gue rekomen banget deh headphone ini. Wajib dimiliki kalau kamu suka denger musik pake headphone dan ga bisa beli headphone mahal (bahkan ngapain beli headphone mahal? :D).
Headphone BOST ini juga mengubah presepsi gue tentang Headphone KW. Walaupun ga bisa dipastikan bahwa Headphone ini KW (gue bilang ini KW karena logo dan desainnya yang mirip BOSE). Seandainya saja headphone ini merknya sedikit lain (atau desainnya beda), pasti bisa dikategorikan headphone ori dan bisalah bersanding dengan headphone semacam sonicgear, atau juga seperti philips dan sennheiser. Agak sedikit “tengsin” juga sih kalo ditanya “wah, headphone BOSE yah? eh BOST? KW yah?” :D. Namun gue salut dengan pembuat headphone ini (siapapun itu pembuatnya) karena meskipun “ngikutin” BOSE, namun masalah kualitas, bisa diacungkan jempol deh.
Kalau mau membeli headphone ini, ada beberapa toko online yang menjualnya. Namun kalo boleh gue kasih saran, mending nyari aja di toko-toko komputer atau mall-mall seperti mangga dua (dan sejenisnya). Karena headphone ini adalah “KW”, sehingga bisa jadi ada banyak versinya dan bisa jadi kualitasnya berbeda dengan yang gue punya.