[Tutorial] Membuat Efek Vintage Pada Foto

Salah satu efek foto yang populer untuk foto adalah efek vintage. Sebuah efek warna seperti foto tahun 70an. Ada banyak bertebaran efek-efek vintage tersebut di internet. Nah berikut ini gue buat sebuah tutorial simpel untuk membuat efek vintage pada foto. Ga terlalu Vintage sih, tapi asik kok untuk diaplikasikan ke foto kamu. Tutorial kali ini gue menggunakan Photoshop CS5.

  1. buka foto yang ingin dibuat.
  2. Klik Layer > New Fill Layer > Solid Color. Pada jendela New Layer, klik Ok. Maka akan muncul jendela “Pick a solid color:”. Masukan warna (r:1,g:0,b:58). Klik Ok.
  3. Klik Layer yang sudah dibuat (berwarna biru). Pilih Layer style dari Normal menjadi Exclusion.
  4. Klik Layer > New Fill Layer > Solid Color. Pada jendela New Layer, klik Ok. Maka akan muncul jendela “Pick a solid color:”. Masukan warna (r:255,g:0,b:0). Klik Ok.
  5. Klik layer yang sekarang berwarna merah. Pada Layer style pilih dari Normal menjadi Soft Light. Pada bagian Opacity, pilih 20%.
  6. Klik Layer > New Adjustment Layer > Curves. Pada jendela New Layer, klik Ok. pada bagian sebelah kanan Photoshop, ada bagian Adjustments. Pilih Curves dari Default menjadi Lighter.

Nah sekarang foto sudah terlihat ber-efek Vintage.
Berikut ini beberapa contoh foto lainnya yang sudah diberi efek Vintage hasil tutorial ini:
Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply