Berdayakan Mention, Hindari Tag

Beberapa minggu ini gue mencoba membantu teman gue yang lupa password Facebooknya. Dan dikarenakan doski juga lupa password email yang digunakan untuk login facebook, walhasil gue melakukan reset password. Beberapa proses gue lewati hingga ketemu dengan final confirmation dimana gue harus menebak temannya teman gue berdasarkan foto. matilah gue.
Namun ada satu hal yang cukup menyita perhatian gue. Dimana dari foto-foto tersebut, menurut analisa gue, ada beberapa foto ‘hasil tag’. Sebagaimana udah menjadi kebiasaan warga facebook, banyak yang meng-tag foto ke pengguna lainnya, baik orang yang dikenal maupun tidak dikenal. Ini ternyata bisa menyulitkan kita juga. 

Gue mencoba membayangkan, kalo gue harus menebak foto yang ternyata gue ga kenal sama sekali siapakah orang tersebut (iya kalo foto orang, bagaimana kalo tag-an foto jualan?), mau jawab apa??
Disinilah mungkin diperlukan ‘etika’ dalam dunia maya. Walaupun gue ga mengetahui algoritma facebook (dalam hal tebak-menebak foto), tapi ada baiknya kalo kita mulai berpikir bijak dalam hal tag foto. Jika orang yang kita ingin  ‘tag foto’ memang orang yang kita kenal (dekat) mungkin tidak jadi masalah, namun jika anda ingin ‘memamerkan’ foto anda ke orang lain, gunakanlah Mention. Cukup mention nama-nama orang yang ingin kita ‘share foto’ di kolom komentar, sudah merupakan langkah yang cukup bijak.

Be socially, be responsible 🙂

Leave a Reply