Belajar Twitter API

Twitter_logo_png-6

Beberapa minggu ini gue mencoba untuk mempelajari Twitter API di kala waktu senggang gue yang setipis kertas. Pertama sih gue penasaran sama Bot Twitter, pengen tau seperti apa cara kerja bot tersebut. Gue pun mencoba menyelidikinya dan ternyata pembuat bot Twitter menggunakan Twitter API. Ketinggalan banget gue :D. Twitter API sendiri merupakan serangkaian kode programming yang bisa digunakan untuk mengakses fitur-fitur Twitter.

Pertama-tama gue bingung ingin menggunakan bahasa programming apa, dikarenakan Twitter hanya menyediakan API Programming. Karena gue hanya bisa PHP dikit-dikit, akhirnya gue mencoba mempelajarinya menggunakan PHP dan TwitterOAuth (sebuah PHP library untuk komunikasi dengan Twitter API). Pertama-tama gue bingung dengan hasil Twitter API, dikarenakan di format dalam bentuk JSON. Asli, kuper banget gue :D. Tapi sekarang sih udah mulai sedikit paham, hehehe. Akhirnya perlahan-lahan gue mulai memahami cara kerja bot Twitter. 

Salah satu yang gue pelajari dari Twitter API adalah, Twitter memberikan batasan dalam akses API maupun fungsi Twitter sendiri. Sebagai contoh, dalam sehari kamu hanya bisa mengupdate tweet sebanyak 2400 kali. Batasan ini dibagi lagi per 15 menit. Emang sih, sangat jarang banget orang ngetweet sebanyak 2400 kali sehari. Batasan ini juga membuat supaya pengguna Twitter tidak melakukan spam (meskipun dengan berbagai trik, masih bisa diakali sih :D). Sekali lagi, batasan 2400 ini juga gue baru tau, wkwkwk. Maklum, gue lama berkutat dengan Facebook, baru beberapa bulan ini aktif Twitteran.

Selain itu, Twitter juga membatasi Aplikasi pihak ketiga hanya bisa mempunyai sebanyak 100ribu pengguna. Jika lebih, maka aplikasi tidak bisa digunakan pengguna baru. Hal ini banyak di protes banyak pihak, namun Twitter berkilah, bahwa batasan ini hanya berdampak untk aplikasi yang mirip sekali dengan aplikasi mereka, Official Twitter App. Gue sendiri baru belakangan ini menyukai Official Twitter App.

Pemahaman gue akan Twitter API juga masih sedikit, baru sebatas fitur-fitur seperti Update, Search, dsb. Waktu senggang untuk mempelajarinya sungguh terbatas sih. Namun demikian gue mencoba untuk mengembangkan aplikasi sederhana yang memanfaatkan Twitter API, entah apa :D. Semoga gue ga males 😀

Leave a Reply