Internet Cepat (dan Stabil) Buat Apa?

Beberapa hari ini gue merasa bahwa jalanan di Jakarta semakin macet, entah ada apa. Perasaan gue sih si komo udah berevolusi menjadi Godzilla dan udah ga di Jakarta tetapi kenapa tetap macet yak? Dan dikarenakan kemacetan yang membuat frustasi ini, gue malah kepikiran akan pernyatan (soon-to-be-ex) Menkominfo yang pernah ngetweet pertanyaan ‘internet cepat buat apa?’

Dibawah ini merupakan beberapa manfaat-manfaat hasil pemikiran brilian gue ketika lagi nunggu lampu merah menjadi hijau akan manfaat Internet cepat (dan stabil). Kenapa gue bilang internet cepat (dan stabil) karena internet cepat juga percuma kalo ga stabil koneksinya :p.

1. Menghemat BMM dan mempermudah Pekerjaan

Salah satu keunggulan akibat Internet cepat adalah banyak para pekerja yang bisa bekerja secara remote / jarak jauh. Beberapa pekerjaan seperti: programmer, desain grafis, fotografer hingga pekerjaan seperti customer support pun bisa dikerjakan dari rumah, asalkan ada koneksi internet cepat dan stabil.

Jika saja ada 10000 pekerja yang biasa PP kantor-rumah menghabiskan 2 liter bensin (asumsi menggunakan motor) beralih bekerja secara remote, maka akan ada penghematan 20000 liter bensin per hari. Selain itu juga akan mengurangi populasi kendaraan bermotor berada di jalan raya.

Selain itu dengan bekerja secara remote, maka waktu yang biasanya dihabiskan untuk perjalanan PP rumah-kantor bisa digunakan untuk hal produktif lainnya. Bisa untuk berolahraga, mengasuh anak ataupun mengerjakan pekerjaan lebih banyak.

2. Menghemat Biaya Perjalanan

source: www.smarterinteractive.co.uk
source: www.smarterinteractive.co.uk

Teleconference sudah lama digadang-gadang menjadi pengganti pertemuan tatap muka. Di Indonesia belum banyak perusahaan menggunakan teknologi teleconference dikarenakan kendala pada jaringan internet yang ada. Bisa dibayangkan jika ada sebuah perusahaan mempunyai 30 kantor cabang dimana setiap bulan ada meeting kepala cabang, maka berapa besar biaya yang dikeluarkan untuk meeting tersebut? Biaya tersebut bisa dipangkas jika perusahaan tersebut menggunakan teleconference / virtual meeting.

Virtual meeting ini juga berguna untuk individual loh. sebagai contoh sepasang calon pengantin bisa berdiskusi dengan perancang busa pengantin tanpa harus bertatap muka langsung. Dengan demikian, akan ada keuntungan untuk masing-masing pihak. Memang, Pertemuan secara fisik tidak bisa dihilangkan 100%, namun setidaknya bisa di kurangi dengan demikian bisa berhemat.

3. Mengurangi Pengunaan Bajakan

source: trak.in
source: trak.in

Indonesia sudah terkenal sebagai pengguna barang bajakan terbesar di dunia, mulai dari aplikasi komputer hingga film dan musik. Nah jika saja Internet di Indonesia sudah cepat dan stabil, maka setidaknya penggunakan bajakan bisa berkurang. kenapa bisa? karena bisa menggunakan teknologi cloud computing untuk bekerja ataupun untuk menonton film dan mendengarkan musik. Caranya bagaimana? dengan menyewa layanan tersebut.

Gue ambil contoh Netflix, layanan rental film via internet. Para pengguna Netflix bisa menonton film apa saja dengan membayar biaya bulanan. Dengan menyewa, para pengguna tidak perlu membeli film tersebut, dimana kebanyakan orang hanya menonton satu-dua kali saja sebuah film. Tentu biaya sewa jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya membeli film.

Apakah orang indonesia mau menyewa film? kenapa tidak? masih ingat menjamurnya layanan sewa video betamax tahun 1990an? pada waktu itu banyak orang yang memilih menyewa video daripada membeli video tersebut.

Setidaknya 3 hal di atas merupakan hal yang gue anggap menguntungkan jika Internet cepat dan stabil ada di Indonesia. Semoga pemerintahan yang baru bisa memberikan hal ini kepada masyarakat Indonesia.

2 Comments on "Internet Cepat (dan Stabil) Buat Apa?"

Leave a Reply