5 Tips mengatasi biaya transportasi kerja yang akan naik

Lagi seru-serunya baca berita tentang krisis korea, gue tergoda membaca berita tentang rencana pemerintah akan menaikan harga BBM. Gue berpikir, pasti bakal banyak yang mengeluh nih BBM mau naik, pasti harga-harga pada naik juga. Belum lagi ongkos pasti naik. Wah makin mahal neh ongkos buat pergi kerja.

Nah, Kalo kalian puyeng dengan bakal naiknya biaya ongkos PP kerja, gue punya 5 tips dari hasil bertapa di gunung olympus di mars. Ini dia 5 tipsnya:


1. Kenalan sama sopir angkutan umum
Cara ini sangat ampuh untuk mengirit ongkos transportasi kerja. Kamu kenalan aja sama supir angkutan umum yang melayani trayek ke kantor kamu. Kamu bisa nongkrong di tempat supir sering nongkrong dan kenalan sama banyak supir. kalo perlu kamu traktir minum kopi sama rokok. Dijamin kalo udah akrab sama sang supir, kalo kamu mau berangkat ke kantor tinggal nunggu aja supir yang kamu kenal lewat, dijamin kamu ga bakal dimintain ongkos. 
Selain itu jika kamu kenal banyak supir, sapa tau kamu bisa menjadi preman di daerah sana 😀

2. Nebeng sama pacar/temen/ortu
Cara ini juga terbukti ampuh untuk mengirit ongkos. Punya temen yang tempat kerjanya masih deket sama kamu? deketin terus. Kalo punya pacar lebih enak lagi. Tinggal telepon trus bilang ‘yang, aku ke kantor bareng kamu yaa’. Selesai urusan.
3. Nebeng di Omprengan (mobil bak terbuka)
Cara ini biasanya sih dilakukan sama pelajar yang lagi kere. Namun cara ini juga bisa kamu lakukan untuk mengirit ongkos. Kamu tinggal cegat aja mobil bak terbuka, lalu bilang ‘bang, nebeng dunk’. Kalo ga dikasih yah kamu loncat aja langsung ke dalam mobil. Kamu juga bisa lakukan trik ‘pamer paha’ loh.
4. Kemping di Kantor
Nah cara ini masih jarang dilakukan. Kalo kamu merasa kantor kamu itu jauh dari rumah kamu, ongkos mahal dan biaya kos juga mahal, kamu kemping aja di kantor kamu. Tinggal sediain tenda untuk 1 orang, lalu bawa baju dan peralatan sehari-hari kamu, pasang deh tenda di kantor kamu. Kamu bisa pasang tenda di dalam kantor, atau di lahan parkir kantor. Dengan cara ini kamu ga perlu macet-macetan, bayar ongkos bahkan bisa ontime selalu masuk kantor
5. Ga usah pergi ke kantor
Cara ini merupakan cara terakhir dari segala cara diatas. Kamu bisa aja kerja secara remote, atau bahkan berhenti kerja saja. Ga ngeluarin ongkos kan?

Leave a Reply