Format RAW Pada Fotografi: Bermain Dengan Exposure

Jika kemarin gue sudah membahas tentang White Balance, kini gue akan membahas keuntungan format RAW lainnya, yaitu lebih fleksibel untuk bermain Exposure. Eksposure itu bahasa singkatnya adalah jumlah cahaya yang ditangkap oleh sensor kamera pada saat pemotretan. Semakin banyak cahaya yang di terima oleh sensor, maka foto akan terlihat semakin terang, dan semakin dikit cahaya yang diterima oleh sensor, maka foto akan terlihat semakin gelap.

Exposure sendiri ditentukan oleh: Shutter Speed, Aperture dan ISO. Ketiga hal ini yang menentukan apakah foto yang dihasilkan cahayanya terang, pas atau gelap. Exposure biasanya dilambangkan dengan kode Ev dan ada 3 tingkatan exposure, yaitu: Normal Exposure, Under Exposure dan Over Exposure. Dalam kamera digital tampilan exposure sebagai berikut:

Nah, lalu apa hubungannya Expsoure dengan format RAW? seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, format RAW itu format ‘mentah’ dan karena itu kita bebas bermain dengan Exposure (lebih tepatnya tingkatan exposure seperti normal, under atau over). contohnya? misalnya, jika kamu memotret di ruangan yang kondisi cahayanya kurang dan dilarang menggunakan flash, maka apa yang akan kamu lakukan? umumnya kebanyakan orang akan menjawab menaikan ISO. Continue reading

Format RAW Pada Fotografi: Bebas Mengatur White Balance

Jika pada bagian sebelumnya sudah gue perkenalkan sekilas apa itu format RAW pada fotografi dan kekurangannya, maka kini gue akan membahas beberapa kelebihannya. Untuk beberapa kelebihannya akan dibagi menjadi beberapa postingan.

Kelebihan format RAW yang ingin gue bahas kali ini adalah: Bebas akan White Balance. Sebelum melangkah lebih jauh, gue akan membahas sedikit (aja) tentang White Balance. Pada fotografi, White Balance itu adalah penyeimbangan warna putih yang terwujud dalam temperature warna (sumber). Contohnya begini, cahaya yang dihasilkan oleh lampu Neon dengan lampu pijar itu berbeda, cahaya lampu neon umumnya berwarna putih dan cahaya lampu pijar berwarna kuning.

White_Balance

Fotografi itu sendiri adalah seni menangkap cahaya, jadi cahaya yang ada saat kamu melakukan pemotretan menjadi faktor yang penting bagi hasil foto. Pengaturan White Balance yang pas akan membuat warna foto terlihat sangat bagus. Continue reading