Bolt 4G, Dahulu dan Sekarang

Gue lagi kesel dengan layanan internet Bolt kali ini. Kesel karena kebijakan paket internet mereka yang terbaru terasa tidak begitu bermanfaat buat gue. Gue menggunakan layanan Bolt sebagai provider internet sudah cukup lama. Pertama kali gue menggunakan Bolt, waktu itu masih jamannya uang 100 ribu bisa untuk beli paket internet 10 giga. Buat gue (saat itu) bandwidth 10 giga itu udah besar banget, bahkan sering ga kepake setengahnya. Lama berselang, Bolt mengubah tarif paket internetnya, di bagi menjadi pulsa utama, dan pulsa bonus. Perubahan ini sempat di protes oleh pengguna, dan akhirnya Bolt mengubah sedikit kebijakannya, dimana pulsa bonus diperpanjang masa aktifnya.

Bolt kembali mengubah kebijakan paketnya pada bulan februari ini, dengan istilah paket donting. Asli, gue saat mendapat info ini ga ‘ngeh’ akan paket ini. Gue pikir, ah paling paket internet alternatif, namun ternyata bukan. Paket donting ini memberikan paket bonus namun dapat di nikmati mulai dari jam 1 pagi hingga jam 8 pagi. Hal ini baru gue sadari ketika gue merasa paket internet gue sudah habis, padahal setau gue, harusnya masih ada. Ketika gue cek riwayat pemakaian, baru ketahuan, kalo ternyata paket bonus gue masih ada, namun pulsa utama gue sudah habis!!

Jujur gue merasa kaget bercampur dongkol. Dongkol karena paket bonus berganti jadi paket donting. Come on, selain Batman, siapa sih yang aktif malam hari? Paling para pekerja yang kebetulan kerja jam malam. Itu pun dengan catatan, Kerja. Lalu siapa yang menikmati paket donting ini? Ga mungkin Batman. Paling juga hanya penggila donlot. Padahal sepengetahuan gue, yang menggunakan Bolt sebagai provider internet lebih banyak kaum siang alias beraktifitas siang. Paket donting gue pun terasa percuma, bagaimana caranya gue menikmati paket bonus tersebut? Jadi Batman kah?

Memang, perubahan paket internet itu sepenuhnya hak perusahaan. Namun, menurut gue, perubahan paket internet kali ini bener2 menyebalkan. Lebih baik tidak ada aja sekalian paket bonus tersebut. Gue pribadi lebih suka dengan provider yang memberikan layanan secara jujur, tidak bermain dengan kata-kata. Paket internet sekian giga, dengan catatan paket utama sekian giga, paket bonus sekian giga pada jam-jam tertentu. Hayolah, jangan bermain dengan kata-kata.

Satu-satunya hal teraneh yang gue pernah lakukan dengan paket internet semacam donting ini adalah ketika gue mau update Android Studio. Gue harus nunggu jam 1 malam untuk memperbaharui aplikasi tersebut. Gue menggunakan bonus pulsa dari Im3. Dan ini adalah hal paling ga asik berinternet buat gue. Kenapa aneh? Karena proses pembaharuannya putus tengah jalan alias gue harus mulai dari awal lagi. Hiks.. mana bisa donting kalo kayak gini?

Gue sih berharap pihak Bolt mau merubah kebijakannya, atau engga, membuat pilihan paket internet alternatif. Jadi ga hanya ada donting saja.

Leave a Reply