Windows 10 kini mendukung native SSH

Pada update Windows 10 terbaru, windows menyertakan native openSSH client. Dengan adanya native client ini, maka pengguna Windows 10 tidak memerlukan lagi aplikasi pihak lain, seperti putty, untuk melakukan koneksi lewat SSH.

Untuk bisa mendapatkan aplikasi ini, maka kamu harus melakukan update Windows terbaru dahulu. Setelah itu, bisa mendapatkan aplikasi ini di Settings -> Apps & Features -> Manage optional features -> Add a feature lalu pilih OpenSSH Client (Beta) dan klik install. Tunggu beberapa saat untuk Windows melakukan instalasi aplikasi.

install OpenSSH Client

Sewaktu gw install, command SSH belum di deteksi oleh Command Prompt, namun di Windows PowerShell sudah bisa. Kamu harus melakukan restart komputer terlebih dahulu supaya bisa memanggil command ssh di Command Prompt.

ssh pada Command Prompt

Meskipun saat ini Windows 10 sudah mendukung ssh, namun gw tetap menggunakan Putty untuk koneksi ssh karena Putty memiliki fitur ‘simpan password’ dimana gw memudahkan gw untuk login. Namun jika nanti gw punya mesin lain berbasis Windows 10, gw mungkin akan menggunakan native client ssh bawaan Windows 10.

Perlu kamu ingat, native SSH client di Windows 10 masih versi beta, saat ini 0.10, jadi ada kemungkinan adanya bug atau fitur yang terbatas.

Leave a Reply