Mencoba Firefox OS dengan Firefox OS Simulator

Pernah denger Firefox OS? Kalau Browser Fireox mungkin kalian sudah tau dari jaman melody JKT48 masih lucuk2nya. Firefox OS merupakan operating system untuk mobile plaform seperti Android, atau bahasa singkatnya OS untuk smartphone lah. Bereda dengan Android yang berbasis pada Linux, Firefox OS berbasis pada HTML5 dan ingin membuktikan bahwa HTML5 bisa digunakan untuk mobile platform. Bingung? ora usa bingung2

Firefox OS ini diciptakan sebagai alternatif dari Android. Beberapa smartphone berbasis Firerox OS sudah masuk ke Indonesia, namun baru sekedar perkenalan aja sepertinya. Nah kalau kalian ingin merasakan seperti apa Firefox OS ini, bisa menyicipi lewat Firefox OS Emulator. Caranya cukup mudah kok, hanya dengan browser Firefox saja. Kok bisa? ya bisalah, karena enginenya masih sama dengan browser Firefox, makanya tidak diperlukan emulator khusus seperti Android.

Pertama-tama, pastikan browser Firefox kamu sudah bersi 34+, kalau belum, update saja dahulu. Pada browser Firefox, klik Open Menu > Developer > Web IDE, maka akan muncul jendela baru dengan judul Firefox WebIDE.

firefox

Pada WebIDE, pilih Select Runtime > Install simulator. Kamu akan menemukan jendela pilihan untuk menguduh Firefox OS versi yang ingin kamu coba. Saat ini, versi stabil adalah versi 2. Kamu bisa pilih versi ini atau bisa juga bereksperimen dengan versi lainnya. Terserah, bebas.

Firefox akan mengunduh dahulu komponen yang dibutuhkan, ukuran pastinya tidak diketahui, namun sekitar 50-100mb (ini itung2an gue aja sih). Setelah sukses, maka kamu bisa menjalankan simulator ini dengan cara klik Select Runtime > Firefox OS 2.0 (atau versi yang kamu pilih sebelumnya). Klik, maka akan muncul jendela baru.

Firefox OS Simulator via browser Firefox ini hanya mendukung resolusi 320×420 saja. Berikut halaman home dari Firefox OS.

firefox OS firefox OS

Halaman Depan Firefox OS tidak ada launcer, namun langsung dengan deretan aplikasi-aplikasi. Aplikasi Telepon, sms, browser berada pada urutan teratas. Oiya lupa, dikarenakan ini hanya simulasi, maka ada banyak fitur seperti telepon, sms, camera, penyimpanan (ini sebenarnya bisa diakalin sih) tidak jalan. Namun jangan kuatir, fitur paling terpenting abad ini, Internet, didukung kok. Bahkan Firefox OS ini tampaknya sangat bergantung pada Internet (imho sih)

Gue mencoba menginstal beberapa aplikasi untuk tes Firefox OS ini. Oiya, di Firefox ini ada namanya Marketplace, fungsinya seperti Playstore atau App Store, yaitu tempat untuh mengunduh aplikasi.

firefox os marketplace firefox os marketplace

Gue mencoba untuk mengunduh Facebook, berikut tampilannya:

facebook for firefox os

Lalu gue mencoba untuk menguduh picarts (aplikasi untuk edit foto), berikut tampilannya:

picarts for firefox os

Gue pun mencoba untuk tes beberapa game, antara lain bubble Shoot:

bubble shoot

Gue mencoba beberapa game, seperti forest jump:

forest jump firefox os  forest jump firefox os

Selain itu, gue juga mencoba mengunduh Twitter dan Youtube. Namun, entah kenapa, Twitternya hanya blank saja dan Youtube tidak bisa memutar video :(.

youtube for firefox os

Tampaknya beberapa aplikasi populer sepertinya hanya berupa wrapper dari konten mobile saja (misal aplikasi facebook yang tampilannya seperti m.facebook.com, serta youtube seperti m.youtube.com)

Nah, kalau kamu mau nyobain bermain di Firefox OS, monggo silakan. Have fun 🙂

One thought to “Mencoba Firefox OS dengan Firefox OS Simulator”

Leave a Reply